Selasa, 17 Januari 2017

BERBAGI KISI-KISI DI PAGI HARI




Assalamualaikum wr.wb.,
Pagi siswa Smada! Pagi Mang Didin yang paling ganteng, Navansa yang paling caem, Habibah yang waaahh, dan semuanya, semoga rahmat Allah senantiasa menyertai kita.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan estimasi panduan untuk menghadapi praujian nasional 1. Ya, namanya estimasi, tentu bisa benar bisa tidak begitu benar.
“Ya, percuma diunggah, Pak, kalau tidak 1000% benar! “ celetuk Mang Didin.
Begini, Mas Bro! Estimasi itu berbeda dengan ramalan. Estimasi didasari fakta-fakta empiris, jadi bisa dipertanggungjawabkan. Gampangnya begini, misalnya si A, B, atau C ini anak baik-baik atau tidak? Bagi saya itu tidak sulit. Pegang tangannya, lalu baui. Baunya bagaimana, amis atau wangi? Kalau amis, ya “tukang saru”, bau wangi berarti sip.” Jadi, tidak sekadar, tak deleng rupane, terus kondho bocah ini apik." Ada bukti-bukti pendukung yang menguatkan, Mas Bro!"
“Lha, si Rafael, Nico, itu tangannya baunya superamis, berarti mereka ….?”
“Mboh, pikiren dhewe, wajah dan omongannya kan jelas … .”
“Maksudnya persis bau tangannya, Pak!”
“Itu yang ngomong kamu, bukan saya. Berhenti di sini,saya mau ngomong yang lain.”

Yang kedua, kata “panduan” ini akan menjadi bermakna ketika ia kita dudukkan pada proporsinya, yakni sebagai acuan yang diresapi, ditelisik, didiskusikan, dan diantisipasi. Apalah artinya sebuah panduan kalau ia hanya dijadikan seonggok kertas yang dicecerkan di dalam laci meja. Tentu saja hal itu tidak akan memberikan kesaktian apa-apa kepada pemiliknya. Oleh karena itu, harapan saya setelah Anda menerima, membaca kisi-kisi berikut, hendaknya segera “gumregah” berbenah menyongsongnya. Anggap saja uji coba UN itu laksana kekasih yang kita rindukan sehingga menyetrom kita untuk segera bertemu. Jangan jadikan UN layaknya mantan kekasih yang pernah menanam luka di hati kita.

·        makna istilah tersebut,
·        pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi paragraf tersebut.
·        menentukan kalimat bermajas tersebut.
·        menjelaskan maksud gurindam tersebut.
·        menjelaskan maksud pantun tersebut.
·        melengkapinya kata/istilah  yang tepat sesuai konteks.
·        penggunaan kata yang tidak sesuai konteks dalam paragraf
·        menyusun kalimat efektif.
·        penggunaan konjungsi yang sesuai/ tidak sesuai konteks.
·        penulisan judul karya ilmiah
·        menemukan kesalahan tanda baca dan memperbaikinya sesuai kaidah EYD.
·        menemukan kalimat pokok paragraf tersebut.
·        menemukan ide pokok paragraf tersebut.
·        menyimpulkan isi paragraf tersebut.
·        menentukan penyebab konflik cerita
·        menentukan akibat konflik cerita.
·        menentukan nilai moral cerpen.
·        menyusun paragraf eksposisi yang diacak susunannya
·        melengkapinya paragraf deskripsi rumpang dengan kalimat yang sesuai.
·        Melengkapi teks drama  yang dirumpangkan
·        melengkapi teks ulasan  (resensi) yang dirumpangkan
·        melengkapi teks kritik yang dirumpangkan
·        melengkapi teks esai yang dirumpangkan
·        melengkapi kalimat dengan kata serapan yang tepat
·        melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan yang sesuai.
·        melengkapi paragraf dengan kata ulang yang sesuai.
·        melengkapi paragraf dengan frasa adjektiva yang sesuai.
·        melengkapi paragraf dengan ungkapan yang sesuai.
·        menentukan persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·        menentukan persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari pola penyajiannya.
·        menyimpulkan perbedaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·        memberikan tanggapan atau komentar.teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan / resensi
·        menentukan hal yang menarik dari tokoh
·        menentukan fakta yang terdapat dalam paragaf tajuk rencana
·        menentukan opini yang terdapat dalam paragaf tajuk rencana.
·        menunjukkan bukti watak tokoh dalam penggalan cerpen.
·        menunjukkan bukti seting (tempat, waktu, suasana) dalam penggalan cerita.
·        menunjukkan bukti nilai (moral, sosial, budaya, dll.) yang terdapat dalam cerita.
·        menentukan hubungan antara isi penggalan tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
·        menetukan keunggulan karya sastra tersebut.
·        menetukan kelemahan karya sastra tersebut.
·        mengurutkannya kalimat acak menjadi sebuah paragraf  sebab akibat yang baik (kohesi dan koherensi).
·        menggabungkan kalimat dengan konjungsi yang sesuai.
·        memperbaiki kesalahan ejaan yang salah
·        memperbaiki kesalahan tanda baca.
Semoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...