Assalamualaikum
wr.wb.,
Pagi siswa Smada! Pagi Mang Didin yang paling ganteng, Navansa
yang paling caem, Habibah yang waaahh, dan semuanya, semoga rahmat Allah senantiasa menyertai kita.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan estimasi panduan
untuk menghadapi praujian nasional 1. Ya, namanya estimasi, tentu bisa benar
bisa tidak begitu benar.
“Ya, percuma diunggah, Pak, kalau tidak 1000% benar! “
celetuk Mang Didin.
Begini, Mas Bro! Estimasi itu berbeda dengan ramalan. Estimasi
didasari fakta-fakta empiris, jadi bisa dipertanggungjawabkan. Gampangnya begini,
misalnya si A, B, atau C ini anak baik-baik atau tidak? Bagi saya itu tidak sulit.
Pegang tangannya, lalu baui. Baunya bagaimana, amis atau wangi? Kalau amis, ya “tukang
saru”, bau wangi berarti sip.” Jadi, tidak sekadar, tak deleng rupane, terus kondho bocah ini apik." Ada bukti-bukti pendukung yang menguatkan, Mas Bro!"
“Lha, si Rafael, Nico, itu tangannya baunya superamis,
berarti mereka ….?”
“Mboh, pikiren dhewe, wajah dan omongannya kan jelas …
.”
“Maksudnya persis bau tangannya, Pak!”
“Itu yang ngomong kamu, bukan saya. Berhenti di sini,saya mau
ngomong yang lain.”
Yang kedua, kata “panduan” ini akan menjadi bermakna ketika
ia kita dudukkan pada proporsinya, yakni sebagai acuan yang diresapi,
ditelisik, didiskusikan, dan diantisipasi. Apalah artinya sebuah panduan kalau
ia hanya dijadikan seonggok kertas yang dicecerkan di dalam laci meja. Tentu saja
hal itu tidak akan memberikan kesaktian apa-apa kepada pemiliknya. Oleh karena
itu, harapan saya setelah Anda menerima, membaca kisi-kisi berikut, hendaknya
segera “gumregah” berbenah menyongsongnya. Anggap saja uji coba UN itu laksana
kekasih yang kita rindukan sehingga menyetrom kita untuk segera bertemu. Jangan
jadikan UN layaknya mantan kekasih yang pernah menanam luka di hati kita.
·
makna istilah
tersebut,
·
pertanyaan yang
jawabannya sesuai dengan isi paragraf tersebut.
·
menentukan
kalimat bermajas tersebut.
·
menjelaskan
maksud gurindam tersebut.
·
menjelaskan
maksud pantun tersebut.
·
melengkapinya kata/istilah yang tepat sesuai konteks.
·
penggunaan kata
yang tidak sesuai konteks dalam paragraf
·
menyusun kalimat efektif.
·
penggunaan
konjungsi yang sesuai/ tidak sesuai konteks.
·
penulisan judul
karya ilmiah
·
menemukan kesalahan tanda baca dan
memperbaikinya sesuai kaidah EYD.
·
menemukan
kalimat pokok paragraf tersebut.
·
menemukan ide
pokok paragraf tersebut.
·
menyimpulkan isi
paragraf tersebut.
·
menentukan
penyebab konflik cerita
·
menentukan
akibat konflik cerita.
·
menentukan nilai
moral cerpen.
·
menyusun paragraf eksposisi yang diacak
susunannya
·
melengkapinya paragraf deskripsi rumpang dengan
kalimat yang sesuai.
·
Melengkapi teks drama yang dirumpangkan
·
melengkapi teks ulasan (resensi) yang dirumpangkan
·
melengkapi teks kritik yang
dirumpangkan
·
melengkapi teks esai yang dirumpangkan
·
melengkapi kalimat dengan kata serapan yang tepat
·
melengkapi paragraf dengan kata
berimbuhan yang sesuai.
·
melengkapi paragraf dengan kata
ulang yang sesuai.
·
melengkapi paragraf dengan frasa
adjektiva yang sesuai.
·
melengkapi paragraf dengan ungkapan
yang sesuai.
·
menentukan persamaan
kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·
menentukan
persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari pola penyajiannya.
·
menyimpulkan
perbedaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·
memberikan
tanggapan atau komentar.teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan /
resensi
·
menentukan hal
yang menarik dari tokoh
·
menentukan fakta
yang terdapat dalam paragaf tajuk rencana
·
menentukan opini
yang terdapat dalam paragaf tajuk rencana.
·
menunjukkan
bukti watak tokoh dalam penggalan cerpen.
·
menunjukkan
bukti seting (tempat, waktu, suasana) dalam penggalan cerita.
·
menunjukkan
bukti nilai (moral, sosial,
budaya, dll.) yang terdapat dalam cerita.
·
menentukan hubungan
antara isi penggalan tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
·
menetukan
keunggulan karya sastra tersebut.
·
menetukan
kelemahan karya sastra tersebut.
·
mengurutkannya kalimat
acak menjadi sebuah paragraf sebab
akibat yang baik (kohesi dan koherensi).
·
menggabungkan
kalimat dengan konjungsi yang sesuai.
·
memperbaiki
kesalahan ejaan yang
salah
·
memperbaiki
kesalahan tanda baca.
Semoga bermanfaat, terima kasih.
Wassalamualaikum
wr.wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar