Sabtu, 19 Mei 2018

PANDUAN BELAJAR


Assalamualaikum, Semangat Pagi!
Piye kabare, Bro? Iseh penak jamanku to? Subhanallah, walhamdulillah, Allahu akbar. Semoga Gusti Allah senantiasa merahmati kita semua. Yang puasa diberikan ketahanan kuat sampai beduk magrib dan mendapat berkah pahala yang berlipat-lipat. Adapun yang tidak berpuasa, termasuk Saudara-saudaraku non-Muslim, mari tetap banyak berzikir sesuai dengan ajaran agama yang kita peluk masing-masing.

Setiap memasuki ulangan atau tes, para siswa ini kok pada sibuk atau kemrungsung. Ada yang jumpalitan mencari bocoran, tanya sana, tanya sini mengenai soal yang mau keluar atau paling tidak yang kisi-kisi soal. Padahal bagi saya yang punya otoritas memberi nilai, saya lebih mengutamakan nilai KESEHARIANMU ketika mengikuti KBM. Kalau leda-lede sakarepe dhewe, tidak punya syahwat blas saat mengikuti KBM, ya maleslah untuk memberi nilai bagus. Saya lebih merasa nyes dengan mereka yang ketika diberi tugas segera responsif, mengerjakan, dan mengumpulkan daripada yang punya nilai jos dalam tes PAT, tetapi tidak nafsu mengikuti pelajaran, belum, bahkan tidak mengumpulkan tugas yang saya berikan. Ayo dieling-eling tugase opo?

OK2, supaya saya tidak ditagih terus oleh siswa, berikut ini akan saya sampaikan “pura-puranya” garis besar soal tes PAT besok, tepatnya Senin Legi 2018.

·        Bacaan: ide pokok, pertanyaan bacaan
·        Teks eksposisi, teks LHO, teks prosedur kompleks, teks negosiasi, anekdot, hikayat, cerpen, debat, biografi, puisi.
·        Struktur teks (teks eksposisi, teks LHO, teks prosedur kompleks, teks negosiasi, anekdot, biografi).
·        Kebahasaan teks eksposisi, teks LHO, teks prosedur kompleks, teks negosiasi, anekdot)
·        Hikayat: karakteristik hikayat, isi cerita hikayat, pesan moral, cerpen: unsur intrinsik dan ekstrinsik, debat: unsur-unsur dalam debat, tugas personel dalam debat, biografi, puisi: suasana, tema, makna)
·        Kebahasaan teks, misalnya: nomina, verba: material, tingkah laku, adjektiva, kalimat simpleks – kompleks, kalimat definisi, kalimat deskripsi, kalimat deklaratif, interogatif, imperatif, konjungsi (konjunsi koordinatif, subordinatif: tujuan,syarat, waktu, pengandaian, sebab, dsb.), konjungsi antarkalimat, kata baku – tidak baku, majas/gaya bahasa,


Begitulah anak-anakku, rangkuman bahan tes PAT. Sukses, Jaya! #Selamatbelajarnakpenuhsemangathormatiorangtuamusayangigurutinggalkanpacarmu#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...