Senin, 30 November 2015

PERSIAPAN MENYONGSONG ESOK HARI


$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÑÈ
18.  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Semoga Gusti Allah selalu melimpahkan keselamatan dan keberkahan kepada kita semua. Amin.
Sedulur-sedulur, khususnya para siswa, setiap kali kita hendak melakukan hajatan, wajib bagi kita untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mengapa demikian? Ya karena kita semua ingin husnul khatimah atau heppy ending. Akhir yang baik itu dapat diterjemahkan apa saja, paling tidak nilai ulangan akhir semester (UAS)-nya baik, tidak remidi, tidak dikejar-kejar tugas tambahan, termasuk dipenthelengi guru.
Untuk meraih husnul khatimah dalam UAS, para siswa punya kebiasaan memaksa gurunya memberikan kisi-kisi atau panduan ulangan. Dengan memiliki kisi-kisi itu, mereka seolah sudah merasa dapat menaklukkan soal-soal UAS.
Padahal semua itu mbelgedhes. Bagaimana mungkin jimat (kisi-kisi) itu akan bermanfaat ketika ia tidak pernah dimantera. Sebab, kebanyakan siswa hanya berhenti di makam, tataran itu.  Mereka tidak punya ghirah, semangat, untuk menyelusuri sendiri apa yang telah disampaikan gurunya dalam kisi-kisi tersebut. Di samping itu, sebenarnya kisi-kisi juga membuat pelajar menjadi berpikir instan, tidak mau repot, tidak mau berjuang, malas berjihad. Dengan demikian, lebih sip sebenarnya kalau siswa tidak usah merajuk-rajuk minta kisi-kisi. Ibaratnya seperti lelaki saleh menikahi seorang gadis salihah tanpa melalui proses pacaran. Karena berbekal cita-cita mulia mencari rida Allah, adanya hanya indah, penuh pahala.
Namun, baiklah karena ini sudah menjadi kebiasaan yang turun-temurun, saya sampaikan kisi-kisi UAS 1 kelas X tahun 2015. Percayalah, walaupun Anda menyimpan kisi-kisi ini rangkap 10, tanpa Anda mau belajar keras, Anda tidak akan mendapat apa-apa. Berikut ini adalah kisi-kisi UAS itu.

Teks laporan hasil observasi: struktur teks, topik atau gagasan utama teks. Ciri kebahasaan teks: kalimat definisi, kalimat deskripsi, kata baku – tidak baku, kalimat simpleks – kompleks, kelas kata nomina, verba, adjektiva, adverbia, konjungsi koordinatif, subordinatif, antarkalimat, antarparagraf, partisipan dalam teks LHO. Teks eksposisi: struktur teks,  ciri teks eskposisi, kalimat fakta, kalimat opini, pronomina, makna kata sukar, kelas/jenis kata, jenis frasa, konjungsi. Teks anekdot: struktur teks, ciri teks, konjungsi, gaya bahasa, partisipan dalam teks, sudut pandang cerita. Intinya, setiap pokok bahasan selalu merujuk pada struktur dan ciri kebahasaan.
Selamat berjuang, luruskan niat karena sesungguhnya semua bergantung pada niatmu. 
Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...