Senin, 28 Juli 2014

Blog Lebaran

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga kita melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan segala plus minusnya. Itu semua terasa wajar karena kita masing-masing star dari  "makam" yang berbeda. Ada yang berangkat dari tataran cantrik, ada yang berangkat dari tingkatan ustad. Namun demikian, semua kini merasa plong. Sebab, darimana pun makamnya, kita sangat berharap sudah menjadi manusia yang berbeda. Kalaupun belum dikatakan fitri, ya paling tidak sudah sedikit berkurang belepotan dosanya.

Sekarang tinggal hubungan antarsesama manusia yang perlu diselesaikan. Saya yakin selama kita berteman, bertetangga, berhubungan (guru-siswa) tentu banyak kekeliruan baik yang sebenarnya disengaja untuk tujuan baik ataupun yang tidak disengaja, tetapi telanjur menusuk perasaan. Untuk itu, pada moment ini kita wajib saling memaafkan. Dengan begitu, inshaAllah sebagai manusia kita akan mencapai keseimbangan: di hadapan Tuhan dosa kita diampuni, minimal dikurangi; di hadapan sesama manusia sudah mencapai titik zero. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin.



1 komentar:

  1. minal aidzin walfaidzin pak sartono :D mohon maaf lahir batin ya..

    BalasHapus

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...