Rabu, 07 Oktober 2015

INFO JELANG HAJATAN TENGAH SEMESTER

MENGINTIP MATERI UTS 2015

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh,
Semoga Gusti Allah selalu memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan kepada kita semua, amin. Sedulur-sedulur, Sabtu 10 Oktober 2015, insaa Allah, para siswa kelas SMAN 2 Magelang akan menghadapi ulangan tengah semester (UTS). Banyak di antara siswa yang bertanya kepada saya mengenai soal yang akan diteskan. Oleh karena itu, melalui media ini saya sedikit ungkap materi yang bakal diteskan. Harapan saya dengan “bocoran” ini tidak ada siswa yang hilang arah, tidak punya kiblat, sehingga buntut-buntutnya adalah REMIDI.
Pertama, untuk siswa kelas XII lingkup materi yang diteskan antara lain gagasan utama, kalimat utama, kata baku – tidak baku, fakta – opini, pernyataan/pertanyaan berkaitan dengan bacaan, frasa nominal, frasa verbal, frasa adjektival (modifikatif, koordinatif, apositif), kalimat tunggal, kalimat majemuk (setara, bertingkat), konjungsi (setara, bertingkat: temporal, tujuan, sebab, akibat, dll.), proses nominalisasi, penyuntingan teks, struktur teks, ciri kebahasaan teks (sejarah, berita), analisis fungsi kalimat (menentukan subjek, predikat, objek, pelengkap, keterangan), makna kata. Selain itu, Anda akan dihadapkan pada soal esai. Materi esai sudah tercover di deret materi yang telah dipaparkan.
Kedua, saya juga akan bagi-bagi “kado istimewa” ini kepada kelas X. Materi untuk kelas X mengacu pada teks laporan hasil observasi (LHO) dan teks anekdot (TA). Adapun rinciannya sebagai berikut:  ciri-ciri teks, struktur teks, gagasan utama, kata baku – tidak baku, sinonim – antonim, nomina, verba, adjektiva, frasa nominal, frasa verbal, farsa adjektival, kalimat definisi, kalimat/frasa penjenis, pendeskripsi, kalimat simpleks, kalimat kompleks, konjungsi koordinatif (setara), konjungsi subordinatif (bertingkat), karakteristik teks anekdot, unsur intrinsik teks anekdot, partisipan teks anekdot, struktur teks anekdot, majas dalam teks. Jangan lupa Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal uraian/esai. Materi soal esai sudah tercakup pada materi yang sudah disebutkan tadi.
Terakhir, pedoman, panduan, obor atau apa pun namanya sudah saya berikan. Dengan begitu, mestinya Anda segera gito-gito cantut talinwondo, mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Harapan saya tidak ada siswa yang remidi. Saya menyediakan diri untuk sharing materi yang belum dipahami, dengan syarat: SEBELUM TES DIGELAR. Selamat mempersiapkan diri, sukses, lancar, JAYA!

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...