Jumat, 28 November 2014

PANDUMU!

MAN JADDA WA JADA
(oleh Sartono Jaya)
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4
 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÑÈ
18.  Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk esok hari; dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS, Al-Hasyr: 18).
Saudara-saudaraku, Gusti Allah, Tuhan kita, Kekasih Abadi kita, menginstruksikan supaya kita mempersiapkan diri untuk perjalanan esok hari. Bukannya tanpa maksud kalau Allah menginstruksikan hal demikian. Sebab, di balik itu tentu Allah sudah menyiapkan bonus yang berlimpah-limpah kepada hamba-Nya yang taat.
Saudaraku, tidak lebih dari sepekan mendatang, tepat mulai 3 Desember 2014, kita akan menghadapi hajatan besar berupa ulangan akhir semester (UAS). Sebagai gawe yang bersifat rutin, mestinya siswa sudah cerdas mengantisipasinya. Namun, masih banyak siswa yang  tidak mengambil ancang-ancang menyambut datangnya UAS. Mereka masih santai-santai, leha-leha, padahal Allah telah memberikan warning sebagaimana tertulis dalam Quran surah, Al-Hasyr: 18 di atas.
Saudaraku, saya yakin tidak ada siswa jahlun di sini. Yang ada adalah siswa yang kurang bersyahwat dalam menghadapi UAS. Sementara Anda  menginginkan nilai yang tinggi sebagai modal masuk perguruan tinggi, tetapi jihad Anda belum maksimal. Padahal jelas sekali “man jadda wa jada”, man ‘sapaning wong’ jadda ‘kang temen-temen’ wa jada ‘lan dheweke bakal sukses’.
Ayo, dulur-dulur persipakan diri dengan baik. Ini saya berikan panduan supaya kamu tidak tersesat di jalan. Berikut ini adalah “anu” UAS  untuk kelas XII: gagasan utama paragraf, kalimat utama, kalimat penjelas yang yang tidak mendukung kalimat utama, menyusun kalimat acak menjadi paragraf, kalimat fakta, kalimat opini, simpulan paragraf,    makna istilah, kalimat tanya yang sesuai dengan isi bacaan, kalimat pembuka diskusi yang tepat sesuai  topik, kalimat tunggal dan majemuk, konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, kata penghubung antarkalimat, pantun, gurindam, kata ulang, makna kata ulang, penggunaan kata ulang, kata baku-tidak baku, kata berimbuhan, judul karya tulis, ungkapan, dan peribahasa, surat lamaran (alamat, pembuka, pemerian, isi, penutup), surat dinas/undangan, kalimat persuasif pidato, paragraf deduksi-induksi (generasilasi, sebab akibat, analogi), resensi buku, unsur intrinsik cerpen.
Tinggal sekarang silakan Anda memprediksi sendiri soal yang bakal keluar kiranya seperti apa. Dengan berbekal pengalaman tahun-tahun lalu, para siswa mestinya bisa meramal soal dan mengantisipasinya dengan tepat. Carilah referensi untuk menguak materi-materi yang masih misteri. Misalnya, meminjam buku di perpustakaan, membuka catatan, atau bahkan bertanya langsung kepada sumber hidup, yaitu Pak/Ibu Gurumu.
Kalau obor sudah dinyalakan begini Anda masih belum bisa menemukan “jalan menuju terang” itu, berarti sampeyan pancen bocah ndableg!
Sartono Jaya, Wates Magelang, bakda isya, 28 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...