Jumat, 28 November 2014

RESENSI

MENUJU MUSLIMAH KAFAH

(oleh Sartono Jaya)

Buku 101 Alasan Mengapa Saya Pakai Jilbab ini layak disebut sebagai buku yang “cilik barange gedhe kasiate”. Sangat berbeda dengan kita: cilik wonge gedhe ngeyele. Betapa tidak, buku ini hanya berukuran 10 x 13 cm (kecil), tetapi mengandung banyak hal, ratusan alasan mengapa seseorang memakai jilbab.
Buku yang diterbitkan oleh Assaduddin Press pada tahun 2003 ini dieditori oleh Abu Fathan. Buku mungil yang terdiri atas 40 halaman ini berisi kumpulan argumen atas berbagai suara sumbang terhadap para wanita yang berjilbab. Semua argumen dari 1 sampai dengan 101 dikemas dalam bahasa yang komunikatif sehingga mudah dicerna oleh kalangan muda. Contohnya, alasan pertama saya memakai jilbab adalah bukan sok-sokan, juga bukan untuk gaya-gayaan, bukan juga karena latah ikut-ikutan (marhalah pertama, halaman: 9). Hal ini rupanya disadari betul oleh penulisnya, yang memang sengaja menjadikan anak muda sebagai sasaran bidikan buku ini. Oleh karena itu, tak heran kalau bahasanya terkesan lebih ngepop.
Dibandingkan dengan buku-buku lain yang sejenis, buku ini mungkin kurang ilmiah. Sebab, definisi, pembahasan, analisis, dan simpulan yang merupakan trade mark ilmiah tidak bakal ditemukan dalam buku mungil ini. Namun demikian, buku ini lebih mudah dicerna, lebih dialogis. Hal-hal yang dikemukakan lebih bersifat faktual di lapangan. Misalnya, Anda memakai jilbab, apakah sudah ada izin dari pihak sekolah? Apakah sudah ada izin dari orang tua? (Marhalah 4, halaman: 18). Pemaparannya tidak bertele-tele, meskipun terkesan kurang ilmiah.
Kehadiran buku ini akan sangat membantu bagi wanita-wanita muslim untuk menjadi muslimah kafah, terutama di dalam berbusana. Di tengah-tengah maraknya kemilau duniawi yang mengepung remaja muslim dan fenomena jilbos akhir-akhir ini yang telah mendegradasi jilbab, buku ini menjadi besar artinya. Bentuknya yang mungil menjadikan buku ini mudah dibawa ke mana-mana dan dibaca di mana-mana. Pokoknya, ia hadir mampu menembus waktu dan ruang. Hal ini sesuai dengan sifat anak muda masa kini yang mempunyai mobilitas cukup tinggi. Akan tetapi, bukan berarti buku ini luput dari kekurangan. Beberapa kata asing, bahasa Arab, banyak yang muncul tanpa diberi keterangan. Contohnya, kata madah, marhalah, kafah, (halaman 1, 3, 9) dan lain-lain.
Sejumlah kelemahan memang ada dalam buku 101 Alasan Saya pakai Jilbab ini sebagaimana telah dijelaskan di muka. Namun, begitu banyak kelebihan dan manfaat buku ini bagi kalangan wanita Islam, membuat buku ini sangat baik dibaca dan dimiliki oleh para wanita muslim. Para pendidik dan tokoh masyarakat pun juga perlu membaca buku ini sehingga mereka mempunyai wacana tentang pakaian muslimah yang sesuai dengan tuntunan Allah dan rasul-Nya.

2 komentar:

  1. pak ini tugas saya, maaf bila telat. trimakasihhttp://putrameida.blogspot.com/2015/01/resensi-novel-pulau-hantu-ghost-island.html

    BalasHapus
  2. http://rifkiyoga8.blogspot.com/2015/02/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html CEK PAK

    BalasHapus

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...