Jumat, 27 Maret 2015

MENULIS LAPORAN HASIL PERJALANAN/KUNJUNGAN

Laporan Perjalanan
Tugas siswa kelas X IPA 1, IPA 2, IPA 3, dan IPA 4 kali ini adalah membuat tulisan ringan laporan perjalanan. Perjalanan yang harus Anda laporkan adalah "Perjalanan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)" yang Anda lakukan pada Kamis, 27 Maret 2015. Isi laporan meliputi unsur 5 W + 1 H. Laporan bisa disusun kronologis dari berangkat, di perjalanan, kegiatan di lokasi, hingga Anda meninggalkan lokasi. Laporan dapat juga disusun hanya memfokuskan pada beberapa lokasi kunjungan. Untuk menguatkan apa yang Anda laporkan sebaiknya Anda sertakan foto-foto pendukung. Misalnya, Anda melaporkan aktivitas produksi pabrik X. Maka, selain deskripsi tentang aktivitas produksi pabrik X, foto-foto tentang karyawan pabrik yang sedang bekerja/memproduksi akan sangat mendukung laporan Anda. Laporan Anda kerjakan di kertas HVS, kemudian unggah ke blog Anda masing-masing. Tanggal 1 April 2015 merupakan batas akhir unggah di blog.
Contoh:

Laporan Kunjungan ke Museum Fatahillah
(oleh Zanuba Artamieva Fadhila)
Pada hari minggu kuturut ayah pergi ke kota. Aku naik delman istimewa. Aku duduk di muka di samping Pak Kusir yang gantengnya seperti Zyan Malik, si personel One Direction. Driverku sangat terampil mengendalikan kuda hingga “pesawat” yang kami tumpangi berjalan nyaman.
45 menit semenjak keberangkatan, tepatnya pukul 08.30 WIB, “pesawat” yang kami tumpangi sudah mendarat di depan Museum Fatahillah. Aku, ayah, dan adikku si ceriwis Dhila, turun dari delman. Kami bertiga segera menuju ke bagian loket masuk. Pagi itu belum terjadi antrean. Hanya ada beberapa pengunjung lain yang segera membuntuti di belakang kami.
…. (Deskripsi tiap bagian yang Anda kunjungsi)

Pukul 13.05 menit setelah menunaikan salat zuhur di masjid area museum, kami meninggalkan Museum Fatahillah. … . 

3 komentar:

  1. Asalamualaikum
    Saya Muhammad Agung Prawi Santosa kelas X MIA 1.
    saya sudah mengerjakan tugas ini di blog saya maps1919.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat anak saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN Terbaru

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...