Senin, 21 September 2015

Tugas siswa Kelas XII IPS 3, Selasa 22 September 2015 jam ke-1, 2
Memproduksi Teks Sejarah
Anda telah memiliki data orang-orang terdekat di lingkungan Anda (bapak, ibu, pakde, bude, paman, tante, kakek). Tugas Anda sekarang adalah menyusun teks sejarah salah satu di antara mereka. Anda bisa menyusunnya berdasarkan urutan/kronologis waktu. Misalnya, tentang ayah atau ibu Anda. Teks yang Anda susun bisa dimulai masa kelahiran (masa kecil),  masa kanak-kanak, masa sekolah, masa berkarier, hingga masa kelahiran Anda, dan perjuangan menyekolahkan Anda.
Hati-hati dengan penggunaan konjungsi dalam teks sejarah yang Anda tulis. Konjungsi setara atau sederajat (dan, tetapi, atau) tidak boleh mengawali kalimat. Konjungsi tidak setara atau bertingkat, bisa di awal atau di tengah kalimat, kecuali bahwa dan sehingga yang hanya boleh di tangah kalimat. Selain itu, penggunaan ejaan, kata baku, tanda baca lainnya, juga perlu diperhatikan.
Satu lagi yang perlu Anda ingat adalah penggunaan sudut pandang. Untuk menjaga kenetralan teks yang Anda bangun, Anda disarankan tidak menggunakan sudut pandang orang pertama. Gunakan sudut pandang orang ketiga.
Gunakan buku catatan Anda untuk mengerjakan soal ini!
Contoh:

Syahrowardi Siroj, Penjaga Islam di Wates Tengah
Bagi masyarakat Wates Tengah, yang dulu lebih dikenal dengan nama Kampung Wates Beningan, nama K.H. Syahrowardi Siroj adalah sosok yang tidak asing lagi. Ia merupakan seorang ulama penyambung penyebaran Islam di tanah Wates.

Asal-usul Syahrowardi Siroj

Syahrowardi Siroj dilahirkan di Magelang pada 7 Mei 1945. Ia lahir dari pasangan K.H. Muhammad Siroj dan Nyai Saidah. Syahrowardi Siroj merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara. ... .  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...