KISI-KISI UJIAN
NASIONAL
(PREDIKSI)
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2015/2016
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1.
|
Pemahaman dan Pengetahu-an
v Mengidentifikasi
v Memaknai
|
Membaca
Nonsastra:
Siswa mampu
§ memaknai istilah
|
· Disediakan sebuah
paaragraf yang di dalamnya terdapat istilah (kesehatan, pendidikan dll.) ,
siswa dapat menyebutkan makna istilah tersebut,
|
1
|
§ mengidentifikasi
informasi tersurat
|
· Disediakan sebuah
paragraf, siswa mampu menjawab pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi
paragraf tersebut.
· Disediakan sebuah
paragraf, siswa mampu menentukan pernyataan yang susuai dengan isi paragraf
tersebut.
|
2
3
|
||
Membaca
Sastra:
Siswa mampu
§
Mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias
dalam karya sastra
|
·
Disediakan sebuah puisi yang di dalamnya terdapat kata
bermakna simbolik, siswa mampu menentukan kata yang dimaksud tersebut.
·
Disediakan sebuah puisi yang di dalamnya terdapat kalimat
bermajas, siswa mampu menentukan kalimat bermajas tersebut.
·
Disediakan sebuah puisi yang di dalamnya terdapat kata
bermakna kias, siswa mampu menentukan kata bermakna kias tersebut.
|
4
5
6
|
||
§ Memaknai isi tersurat
dalam karya sastra
|
· Disediakan sebuah
gurindam, siswa mampu menjelaskan maksud gurindam tersebut.
· Disediakan sebuah
pantun, siswa mampu menjelaskan maksud pantun tersebut.
· Disediakan sebuah
karmina, siswa mampu menjelaskan maksud karmina tersebut.
|
7
8
9
|
||
Menulis
terbatas:
Siswa mampu menentukan
istilah/kata yang tepat sesuai konteks
|
· Disediakan sebuah paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan
kata/istilah yang tepat sesuai konteks.
|
10
|
||
Menyunting
Kata, Kalimat, dan Paragraf:
Siswa mampu
§ Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
|
· Disediakan sebuah
paragraf yang di dalamnya terdapat penggunaan kata yang tidak sesuai konteks,
siswa dapat menemukan kata tersebut dan menggantinya dengan kata yang yang
sesuai.
|
11
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
|
Pemahaman dan Pengetahu-an
v
mengidentifikasi
v
memaknai
|
§
mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
|
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan konjungsi yang tidak sesuai konteks, siswa dapat menemukan
konjungsi tersebut dan menggantinya dengan konjungsi yang sesuai.
|
12
|
§
mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
|
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan kalimat yang tidak sesuai konteks, siswa dapat menemukan kalimat
tersebut dan menggantinya dengan kalimat yang sesuai konteks.
|
13
|
||
§
Mengartikan kata
|
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan kata berhomonim, siswa
dapat mengartikan kata tersebut.
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan kata berhomofon, siswa
dapat mengartikan kata tersebut.
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan kata berhomograf, siswa
dapat mengartikan kata tersebut.
|
14
15
16
|
||
Menyunting Ejaan dan Tanda
Baca:
Siswa
mampu
§
mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul,
sapaan/gelar, nama kota, kata depan)
|
·
Disediakan judul
karya ilmiah yang penulisannya tidak sesuai kaidah EYD, siswa dapat
menemukannya dan memperbaikinya sesuai kaidah yang berlaku.
·
Disediakan kalimat yang di dalamnya terdapat kata sapaan yang penulisannya tidak
sesuai kaidah EYD, siswa dapat menemukannya dan memperbaikinya sesuai kaidah
yang berlaku.
·
Disediakan kalimat yang di dalamnya terdapat penggunaan gelar akademis yang penulisannya
tidak sesuai kaidah EYD, siswa dapat menemukannya dan memperbaikinya sesuai
kaidah yang berlaku.
·
Disediakan kalimat yang di dalamnya terdapat nama kota yang penulisannya tidak
sesuai kaidah EYD, siswa dapat menemukannya dan memperbaikinya sesuai kaidah
yang berlaku.
·
Disediakan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang penulisannya tidak
sesuai kaidah EYD, siswa dapat menemukannya dan memperbaikinya sesuai kaidah
yang berlaku.
|
17
18
19
20
21
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
|
Pemahaman dan Pengetahu-an
v
mengidentifikasi
v
memaknai
|
§
mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
|
·
Disediakan kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan
penggunaan tanda baca, siswa mampu menemukannya dan memperbaikinya sesuai
kaidah EYD.
|
22
|
2.
|
Aplikasi
v
mengintepretasi
v
menangkap
v
menggunakan
|
Membaca nonsastra:
siswa
mampu
§
menemukan ide pokok
|
·
Disediakan sebuah paragraf, siswa dapat menemukan ide pokok
paragraf tersebut.
|
23
|
§
menemukan inti kalimat
|
·
Disediakan kalimat tungggal, siswa dapat menemukan inti
kalimat tersebut.
|
24
|
||
§
menentukan makna rujukan
|
|
25
|
||
§
menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra
|
·
Disediakan teks nonsastra, siswa dapat menyimpulkan isi
teks tersebut.
|
26
|
||
Membaca sastra:
Siswa
mampu
§
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel (sebab
konflik, akibat konflik, nilai moral)
|
·
Disediakan penggalan cerpen atau novel, siswa dapat
menentukan penyebab konflik sesuai
teks tersebut.
·
Disediakan penggalan cerpen atau novel, siswa dapat
menentukan akibat konflik sesuai
teks tersebut.
·
Disediakan penggalan cerpen atau novel, siswa dapat
menentukan nilai moral yang
terdapat dalam teks tersebut.
|
27
28
29
|
||
§
menyimpulkan hubungan antarbagian cerpen/novel
|
· Disediakan penggalan
cerpen atau novel, siswa dapat menentukan simpulan isi sesuai
teks tersebut.
|
30
|
||
Menulis terbatas:
Siswa mampu
§ melengkapi unsur teks
eksposisi
|
· Disediakan sebuah
paragraf eksposisi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
kalimat yang sesuai.
|
31
|
||
§ melengkapi unsur teks
deskripsi
|
· Disediakan sebuah
paragraf deskripsi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
kalimat yang sesuai.
|
32
|
||
§ melengkapi unsur teks
narasi
|
· Disediakan sebuah
paragraf narasi yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat
yang sesuai.
|
33
|
||
§ melengkapi teks sastra
|
· Disediakan teks puisi
yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang sesuai.
|
34
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
|
Aplikasi
v
mengintepretasi
v
menangkap
v
menggunakan
|
|
·
Disediakan penggalan cerpen/novel yang dirumpangkan, siswa
dapat melengkapi dengan kalimat yang sesuai.
·
Disediakan penggalan drama yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang sesuai.
|
36
37
|
§
melengkapi teks ulasan
|
·
Disediakan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang sesuai.
|
38
|
||
§
Melengkapi teks prosedur
|
·
Disediakan teks prosedur yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang sesuai.
|
39
|
||
Menyunting Kata, Kalimat, dan
Paragraf:
Siswa
mampu
§
menggunakan istilah dalam kalimat
|
·
Disediakan kalimat yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kata yang sesuai.
|
40
|
||
§
menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan
kata)
|
·
Disediakan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kata berimbuhan yang sesuai.
·
Disediakan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kata ulang yang sesuai.
·
Disediakan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan frasa adjaktiva yang sesuai.
·
Disediakan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan kata majemuk yang sesuai.
·
Disediakan paragraf yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi dengan ungkapan yang sesuai.
|
41
42
43
44
45
|
||
Menyunting Ejaan dan Tanda
Baca:
Siswa
mampu
§
menggunakan ejaan
|
·
Disediakan paragraf yang di dalamnya terdapat penggunaan
ejaan yang tidak sesuai kaidah, siswa dapat menemukan dan memperbaikinya.
|
46
|
||
§
menggunakan tanda baca
|
·
Disediakan sebuah kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat
menggunakan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.
|
47
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
3.
|
Penalaran
v
membandingkan
v
menunjukkan bukti
v
menganalisis
v menanggapi/mengomentari
v
merefleksi
v
mengevaluasi
|
Membaca Nonsastra:
Siswa
mampu
§
membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
|
·
Disediakan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan
persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·
Disediakan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan
persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari pola penyajiannya.
·
Disediakan dua buah paragraf, siswa dapat menentukan persamaan
kedua paragraf tersebut ditinjau dari bahasanya.
|
48
49
50
|
§
menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
|
·
Disediakan dua buah paragraf, siswa dapat menyimpulkan
perbedaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
·
Disediakan dua buah paragraf, siswa dapat menyimpulkan
persamaan kedua paragraf tersebut ditinjau dari isinya.
|
51
52
|
||
§
membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa
jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan / resensi)
|
·
Disediakan teks berita dan teks eksposisi, siswa dapat
membandingkan kedua teks tersebut ditinjau dari segi penggunaan bahasa dan
pola penyajian.
·
Disediakan teks eksposisi dan teks prosedur, siswa dapat
membandingkan kedua teks tersebut ditinjau dari segi penggunaan bahasa dan
pola penyajian.
·
Disediakan teks editorial dan teks ulasan, siswa dapat
membandingkan kedua teks tersebut ditinjau dari segi penggunaan bahasa dan
pola penyajian.
|
53
54
55
|
||
§
mengomentari isi teks
|
·
Disediakan sebuah teks (berita, eksposisi, prosedur,
editorial, ulasan / resensi) , siswa dapat memberikan tanggapan atau
komentar.
|
56
|
||
§
menunjukkan bukti suatu teks
|
·
Disediakan sebuah teks (berita, eksposisi, prosedur,
editorial, ulasan / resensi) , siswa dapat menunjukkan bukti yang menjadi ciri
khas teks tersebut.
|
57
|
||
Membaca Sastra:
Siswa
mampu
§
membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra
(berdasarkan gaya, tema, unsur)
|
·
Disediakan dua buah teks penggalan novel, siswa dapat
menentukan persamaaan kedua teks tersebut berdasarkan gaya, tema, dan unsur
instrinsiknya.
·
Disediakan dua buah teks penggalan novel, siswa dapat
menentukan perbedaan kedua teks tersebut berdasarkan gaya, tema, dan unsur
instrinsiknya.
|
58
59
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
|
Penalaran
v
membandingkan
v
menunjukkan bukti
v
menganalisis
v menanggapi/mengomentari
v
merefleksi
v
mengevaluasi
|
§
menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
|
·
Disediakan penggalan novel, siswa dapat menetukan hubungan
antara unsur-unsur instriknya.
|
60
|
§
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti
watak, seting, nilai)
|
·
Disediakan penggalan cerpen, siswa dapat menunjukkan bukti
watak tokoh dalam penggalan tersebut.
·
Disediakan penggalan cerpen, siswa dapat menunjukkan bukti
seting (tempat, waktu, suasana) dalam penggalan tersebut.
·
Disediakan penggalan cerpen, siswa dapat menunjukkan bukti
nilaiyang terdapat dalam penggalan tersebut.
|
61
62
63
|
||
§
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
|
·
Disediakan penggalan novel, siswa dapat menetukan hubungan
antara isi penggalan tersebut dengan kehidupan sehari-hari.
|
64
|
||
§
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
|
·
Disediakan penggalan novel, siswa dapat menetukan
keunggulan karya sastra tersebut.
·
Disediakan penggalan novel, siswa dapat menetukan kelemahan
karya sastra tersebut.
|
65
66
|
||
§
meringkas isi karya sastra
|
·
Disediakan penggalan novel, siswa dapat meringkas karya
sastra tersebut secara tepat.
|
67
|
||
Menulis terbatas:
Siswa
mampu
§
mengurutkan unsur teks
|
·
Disediakan lima buah kalimat secara acak, siswa dapat
mengurutkannya mmenjadi sebuah paragraf yang baik.
|
68
|
||
§
memvariasikan kata yang bermakna sama
|
·
Disediakan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat kata
bergaris bawah, siswa dapat menyebutkan kata lain yang bermakna sama dengan
kata bergaris bawah tersebut.
|
69
|
||
§
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
|
·
Disediakan sebuah kalimat, siswa dapat memvariasikan
kalimat tersebut dengan bahasa sendiri dengan tujuan yang sama.
|
70
|
||
§
menyusun paragraf dari beberapa data
|
·
Disediakan beberapa data, siswa dapat menyusun paragraph
berdasarkan data-data tersebut.
|
71
|
||
§
Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
|
·
Disediakan beberapa kalimat, siswa dapat mengggabungkan
kalimat-kalimat tersebut dengan konjungsi yang sesuai.
|
72
|
||
Menyunting Kata, Kalimat, dan
Paragraf:
Siswa
mampu
§
memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
|
·
Disediakan sebuah paragraf yang di dalamnya terdapat
penggunaan kalimat yang salah, siswa dapat memperbaiki kalimat tersebut.
|
73
|
No.
|
Level Kognitif
|
Aspek dan Indikator
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
|
|
§
memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf.
|
·
Disediakan sebuah teks yang terdiri atas beberapa paragraf
yang di dalamnya terdapat paragraf yang salah, siswa dapat memperbaiki
kesalahan penggunaan paragraf tersebut.
|
74
|
§
menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat, paragraf
|
·
Disediakan sebuah teks yang terdiri atas beberapa paragraf
yang di dalamnya terdapat kesalahan penggunaan pilihan kata, paragraf yang
salah, siswa dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut.
|
75
|
||
|
|
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
§
memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
|
·
Disediakan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat
kesalahan penggunaan ejaan, siswa dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
|
76
|
§
memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
|
·
Disediakan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat
kesalahan penggunaan tanda baca, siswa dapat memperbaiki kesalahan tersebut.
|
77
|
||
§
menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
·
Disediakan sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat
kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca, siswa dapat memperbaiki
kesalahan-kesalahan tersebut.
|
78
|
Magelang, 23 November 2015
Guru
Matapelajaran
Sartono Jaya
NIP
19660325 199203 1 004
Pak saya sudah ini blog saya
BalasHapusddinapuspitasari8.blogspot.co.id