Minggu, 09 April 2017




Selamat, Berjuang Anak-anakku!

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡتَنظُرۡ نَفۡسٞ مَّا قَدَّمَتۡ لِغَدٖۖ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا تَعۡمَلُونَ ١٨
18. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hasyr: 18).

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Semoga Allah Swt. melimpahkan keselamatan dan keberkahan kepada kita semua, khususnya para siswa SMAN 2 Magelang. Esok hari, tepatnya Senin 10 April 2017, engkau akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
Mungkin ada rasa was-was di antara Anda, anak-anakku. Itu adalah hal biasa karena sesuatu yang perdana biasanya berefek begitu. Ya, barangkali mirip ketika kali pertama Anda mendekati orang yang kamu taksir. Ndredeg, gelisah. Pokoknya tidak tenang. Akan tetapi, setelah itu akan biasa, bahkan merasa ketagihan selalu berdekatan.
 Anak-anakku, jalan saja seperti biasa. Saya yakin Anda mampu melewati ujian ini. Toh setiap hari, terutama satu bulan terakhir, Anda sudah didrill maraton dengan soal-soal mapel ujian nasional (UN). Paling tidak proses drill maraton itu telah membuat diri Anda sakti mandraguna. Efeknya tentu Anda memiliki daya tahan super untuk mengerjakan soal-soal UN. Kepalan tangan dan simbol vice dari jemari yang Anda acungkan insya Allah merupakan ekspresi optimistis Anda menaklukkan soal-soal UN.

Anak-anakku, UN kali ini akan menentukan langkah Anda ke depan. Sebagai orang yang sudah terlanjur digolongkan “kelompok orang-orang beriman” tentunya kita akan memaknai bahwa kerja hari ini merupakan investasi untuk mempersiapkan diri meraih masa depan. Untuk itu, mari kita tetapkan sasaran dan kita berusaha untuk menembaknya dengan titis.
Sasaran yang kita bidik akan lebih bernilai kalau kita naikkan jauuuhhh ke depan, tidak jangka pendek. Apa artinya? Maknanya, apa yang kita kerjakan hari ini adalah dalam rangka mempersiapkan kehidupan yang mulia kelak sampai ke akhirat. Apabila hal ini dipahami dengan hati yang jernih, tentu satu demi satu soal yang Anda kerjakan akan bernilai ibadah yang bersinergi dengan amalan-amalan lain yang akan membawa ke muara keberhasilan Anda, baik di dunia maupun di akhirat. Selamat berjuang anak-anakku. Doa kami tidak pernah henti laksana air yang terus mengalir.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum pak
    Saya neny laksita devi sudah mengunggah tugas saya di laksitaadv.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha kok baru Biografi saja, teks laporan kegaiatan PLS-nya mana? Untuk Biografi tidak seperti itu. Anda tidak perlu mengatakan, "Pada tanggal sekian saya mewawancarai bla bla bla ... ." Langsung judul, misal "Pengabdian Waluyo terhadap Kampung Kebonpolo"

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum Pak
    Saya Dina Puspitasari ,kelas X Mipa 3 sudah mengunggah tugas biografi di blog saya
    ddinapuspita8.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...