Jumat, 29 November 2019



SELAMAT BERJUANG, MAN JADDA WA JADA!

Assalamualaikum, alhamdulillah, semoga Allah Swt. selalu menaungi kita dengan kesehatan dan kesuksesan yang berkah. Jauh dari rasa malas, ngantukan, dan lain-lain yang nggak well.
Ya, akhirnya, saya harus mengalah menghadapi pemaksaan berjemaah yang terus didengungkan oleh sejumlah siswa. Dalam berbagai perjumpaan, mereka selalu memaksa saya untuk segera mengeluarkan kisi-kisi penilaian akhir semester (PAS). Weladalah, memangnya kisi-kisi tes itu JIMAT.
OK2, sebagai orang tua mesti terus ngaji, belajar berhati segara, berusus kalen menghadapi anak-anak dengan berbagai karakter. Ada yang super anteng seperti Santi dan ada yang super brisik seperti Cintia Dwiyana. Ada yang sakti, kadang kelihatan kadang ghoib, seperti Santi Eka. Namun, ada pula yang super rajin, tidak pernah absen, seperti si ASNUR Kamidi. Itulah wolak-walik ing jaman. Semua harus dilayani dengan ikhlas [baca: terus belajar].
Berikut coba simak baik-baik informasi berikut berkaitan dengan PAS 3 Desember 2019.
Pertama, sesuatu yang klise tampaknya, Anda akan selalu bertemu dengan masalah: ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas, kalimat fakta/opini, makna istilah.
Kedua, surat, bukan surat cinta, melainkan surat lamaran kerja: alamat surat, pembuka surat, pemerian identitas, penutup surat.
Ketiga, teks sejarah:  struktur teks, kata ganti tunjuk, kata keterangan (waktu, cara, alat, dll.), isi/pertanyaan bacaan, persamaan/perbedaan dua teks, kalimat (simpleks, kompleks, transitif, intransitif, semitransitif, aktif/pasif), konjungsi (setara, bertingkat)
Keempat, teks editorial: opini penulis, pihak yang dituju, pihak yang dibela;  frasa (nomina, verba (verba material/mental, adjektiva, atributif, koordinatif, apositif), konjungsi, ungkapan, peribahasa, kaidah kebahasaan TE.
Kelima, teks novel: perwatakan dan penokohan, latar, nilai budaya/sosial, konflik cerita, penyebab konflik, akibat konflik. Ojo lali tugamu kuwi lho: melaporkan hasil membaca novel. Ini hukumnya wajib: WAJIB MENGUMPULKAN.
Materi pungkasan adalah artikel: isi artikel, rangkuman artikel, simpulan artikel, mengembangkan isu menjadi paragraf argumentatif disertai data dan fakta yang menguatkan, menyusun kalimat menjadi paragraf, konjungsi, kata baku/tidak baku, kata serapan, penggunaan ejaan, penulisan gelar, nama-nama georafis.
Saya harap informasi ini menjadi dian, lentera, yang menerangi jalan. Sebab, kini muncul fenomena aneh di SMAN 2 ini [semoga TIDAK BENAR]: siswa memaksa guru memberikan kisi-kisi, tetapi hal ini tidak dijadikan panduan untuk belajar. Mereka justru ribut mencari bocoran soal. Oleh karena itu, tidak heran ketika tes berlangsung mereka justru TIDUR, dan nanti di menit-menit injury time bangun mengisi jawaban tanpa harus membaca soal. Mengapa demikian? Jawabannya sudah disiapkan di kantin, di WC, sebelum tes dimulai. Luwar biyasa hebat!
Akhirnya, selamat berjuang! Para winasis telah wanti-wanti jauh hari: Tuhan akan mengganjar sesuai dengan kerja keras kita, man jadda wa jada, ‘sapane wong kang temen-temen bakal tinemu’. Lha, kalau tidak sungguh-sungguh kok beruntung, nilainya bagus? Anda harus waspada mungkin itu istidraj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...