MURID ISTIMEWA
Syahdan suatu ketika seorang guru membagikan nilai ulangan kepada murid-muridnya. Setelah mengetahui nilai yang tertera di
kertas jawaban, para murid pun melakukan selebrasi yang bermacam-macam. Ada yang
tertunduk lesu karena nilainya tidak tuntas. Ada yang mengumpat gurunya karena
nilai yang diperoleh tidak sesuai dengan ekspektasinya. Ada yang
berjingkrak-jingkrak melampiaskan kegembiraannya karena nilainya di atas KKM.
Sementara di sudut ruang seorang murid justru menangis. Bibirnya
terus menggumamkan istigfar. “Mengapa kamu menangis, Nak? Apakah nilai ulanganmu tidak tuntas?” tanya
seorang guru. Siswa itu makin tertunduk. Ia semakin mlu pada gurunya.
“Dapat nilai berapa kamu, Nak?” tanya gurunya sekali lagi. “92,
Pak.” Ucapnya singkat dan lirih.
“O, bersyukurlah, itu nilai yang baik. Teman-temanmu yang
nilainya di bawah kamu saja pada senang. Ayo berlakulah seperti teman-temanmu,”
sahut gurunya.
Si murid pun terus menangis. Meskipun ia benilai baik, ia
tetap tidak bisa gembira seperti teman-temannya. Ia merasa nilai 92 yang baru
saja diterima dari gurunya bukan 100% haknya. Hati kecilnya merasa berdosa karena
ia merasa belum istikamah mengerjakan sendiri. Ada satu soal yang jawabannya ia
peroleh dari teman.
“Bapak, ketahuilah yang lebih membuat hati saya makin pedih adalah
bahwa selama ini saya sebagai murid belum bisa melaksanakan pesan yang Bapak
selipkan di balik soal-soal itu. Saya yakin betul bahwa Bapak tidak sekadar
membuat soal. Bagi saya, larik-larik kalimat yang Bapak rangkai jelas
menyiratkan pesan yang gamblang sekali. Contoh ketika saya harus menulis
paragraf belajar rutin sangat penting
bagi pelajar. Sampai sekarang pun saya
belum mengamalkannya. Belajar saya
masih belang-belang, belum bisa istikamah.
Ketika Bapak meminta membuat latar belakang pentingnya kebersihan, apa yang saya dan kami lakukan justru
kontraproduktif. Maafkan Bapak, ternyata yang saya lakukan selama ini hanyalah
kepura-puraan saja. Sedangkan pengejawantahan akan nilai-nilai yang diajarkan belum
bisa ia lakukan. Insya Allah ke depan saya dan mudah-mudahan teman kami mengerti
maksud Bapak. Terima kasih juga, Bapak telah memajang nilai ulangan kami,” ucap si murid, sambil bangkit dari duduknya.
DATA PEMERIKSAAN JAWABAN SISWA | |||||||||||||||||
DATA UMUM | |||||||||||||||||
NAMA SEKOLAH | : | SMAN 2 MAGELANG | |||||||||||||||
MATA PELAJARAN | : | BAHASA INDONESIA | |||||||||||||||
KELAS / PROGRAM | : | XII IPS3 | |||||||||||||||
NAMA TES | : | LAPORAN, PARAGRAF, DISKUSI, KONJUNGSI, SURAT LAMARAN, PUISI LAMA | |||||||||||||||
BENTUK TES | : | URAIAN | |||||||||||||||
NOMOR SK/KD | : | ||||||||||||||||
KKM | : | 80 | |||||||||||||||
NAMA PENGAJAR | : | Sartono Jaya | |||||||||||||||
PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||
SKORE | Nomor Soal | Jumlah | Skala | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Skor | Nilai | ||
1 | Skore maksimum | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 68 | 100 | |
2 | Skore Minimum | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 13 | ||
No | Nama Siswa | Nomor Soal | Jumlah | Nilai | |||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | ||||
Skor yang Dicapai Siswa | Skor | UH | |||||||||||||||
1 | ANNISA ULFAH MIAH | 3 | 5 | 5 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 3 | 9 | 5 | 5 | 62 | 91.18 | |
2 | ARIF ZULFIKAR | 3 | 5 | 4 | 3 | 5 | 5 | 5 | 3.5 | 5 | 3 | 8 | 5 | 5 | 59.5 | 87.50 | |
3 | ARINA MANASIKA | 3 | 5 | 5 | 4 | 2.5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 7 | 5 | 5 | 59.5 | 87.50 | |
4 | DEDE GUNTORO AJI | 3 | 5 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 10 | 5 | 5 | 63 | 92.65 | |
5 | DEFA FISAGETY | 3 | 5 | 4 | 3 | 4 | 4 | 5 | 4 | 4 | 5 | 9 | 5 | 5 | 60 | 88.24 | |
6 | DESI PUSPITA ARUMSARI | 3 | 5 | 5 | 5 | 4 | 5 | 5 | 4 | 5 | 3 | 7 | 5 | 5 | 61 | 89.71 | |
7 | DINDA RAKASIWI | 3 | 5 | 2 | 1 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 9 | 5 | 5 | 58 | 85.29 | |
8 | DWIANI NISWATUL KHASANAH | 3 | 5 | 4 | 3 | 5 | 3 | 5 | 5 | 4 | 5 | 9 | 5 | 5 | 61 | 89.71 | |
9 | DYAH AYU RISKY PARAMITHA | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 2.5 | 5 | 4 | 5 | 4 | 7 | 5 | 5 | 57.5 | 84.56 | |
10 | EKA SABDANINGTYAS | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 5 | 3 | 9 | 5 | 5 | 63 | 92.65 | |
11 | FITRI PUJANINGTYAS | 3 | 5 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 8 | 3 | 5 | 60 | 88.24 | |
12 | INTAN WAHYUNING RATRI | 3 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 4 | 4 | 3 | 5 | 5 | 5 | 57 | 83.82 | |
13 | MUHAMMAD NASRUL FAUZAN | 3 | 5 | 5 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 3 | 5 | 5 | 5 | 57 | 83.82 | |
14 | MUHAMMAD NOVIYANTO | 3 | 5 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 4 | 5 | 5 | 58 | 85.29 | |
15 | PUTRI RIFA PERMATASARI | 3 | 5 | 4 | 3 | 3 | 4 | 5 | 2 | 5 | 3 | 8 | 5 | 5 | 55 | 80.88 | |
16 | RATRI WULANDARI | 3 | 5 | 3 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 3 | 7 | 5 | 5 | 55 | 80.88 | ||
17 | RIZQI DWI ISNANDA | 3 | 5 | 3 | 4 | 5 | 3 | 5 | 4 | 4 | 3 | 8 | 5 | 5 | 57 | 83.82 | |
18 | SANDI PUTRA JAYA | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 3 | 5 | 2 | 5 | 3 | 8 | 5 | 5 | 56 | 82.35 | |
19 | SIDIQ FAUZAN | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 5 | 4 | 3.5 | 4 | 4 | 7 | 4 | 5 | 56.5 | 83.09 | |
20 | TRI AMANAH | 3 | 5 | 5 | 2 | 3 | 4 | 5 | 3.5 | 4 | 4 | 6.5 | 5 | 5 | 55 | 80.88 | |
21 | |||||||||||||||||
JUMLAH PESERTA TES | 20 | ORANG | |||||||||||||||
Mengetahui | Magelang, 14 Oktober 2014 | ||||||||||||||||
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, | ||||||||||||||||
Drs. M. Arief Fauzan B., M.Pd. Si. | Sartono Jaya | ||||||||||||||||
NIP 1962031 198503 1 008 | NIP 19660325 199203 1 004 |
DATA PEMERIKSAAN JAWABAN SISWA | |||||||||||||||||
DATA UMUM | |||||||||||||||||
NAMA SEKOLAH | : | SMAN 2 MAGELANG | |||||||||||||||
MATA PELAJARAN | : | BAHASA INDONESIA | |||||||||||||||
KELAS / PROGRAM | : | XII IPS4 | |||||||||||||||
NAMA TES | : | LAPORAN, PARAGRAF, DISKUSI, KONJUNGSI, SURAT LAMARAN, PUISI LAMA | |||||||||||||||
BENTUK TES | : | URAIAN | |||||||||||||||
NOMOR SK/KD | : | ||||||||||||||||
KKM | : | 80 | |||||||||||||||
NAMA PENGAJAR | : | Sartono Jaya | |||||||||||||||
PEDOMAN PENSKORAN | |||||||||||||||||
SKORE | Nomor Soal | Jumlah | Skala | ||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | Skor | Nilai | ||
1 | Skore maksimum | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 68 | 100 | |
2 | Skore Minimum | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 13 | ||
No | Nama Siswa | Nomor Soal | Jumlah | Nilai | |||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | ||||||||
Skor yang Dicapai Siswa | Skor | UH | |||||||||||||||
1 | AGUNG CANDRA YURISTRA | 3 | 5 | 4 | 4 | 3 | 5 | 5 | 3 | 4 | 5 | 8 | 5 | 5 | 59 | 86.76 | |
2 | ASSYIFA PUTRA MEIDA | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 4 | 4 | 4 | 4 | 5 | 6 | 5 | 5 | 57 | 83.82 | |
3 | AYU NUR ADILLA | 2 | 5 | 4 | 4 | 5 | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 63 | 92.65 | |
4 | BAGUS PAMBUDI | 3 | 4 | 5 | 3 | 2 | 3 | 5 | 2 | 4 | 5 | 8 | 5 | 5 | 54 | 79.41 | |
5 | BELLIANA PERTIWI | 2 | 5 | 2 | 4 | 2 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 7 | 5 | 5 | 56 | 82.35 | |
6 | BETTY KURNIA SEPTYAPAWATI | 2 | 5 | 4 | 5 | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 9 | 5 | 5 | 63 | 92.65 | |
7 | DENI SETIAWAN | 3 | 5 | 4 | 3 | 4 | 5 | 5 | 5 | 4 | 5 | 8 | 5 | 5 | 61 | 89.71 | |
8 | DINA PUSPITA ANGGRAENI | 2 | 5 | 5 | 4 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 64 | 94.12 | |
9 | ERIS WINDA NUGRAHENI | 3 | 5 | 4 | 3 | 4 | 5 | 5 | 2 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 56 | 82.35 | |
10 | FITO IRDAM PRANATA | 3 | 5 | 3 | 4 | 4 | 4 | 5 | 3.5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 54.5 | 80.15 | |
11 | LINDA FATMALA | 3 | 5 | 5 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 6 | 5 | 5 | 63 | 92.65 | |
12 | LUTFINA DESTI KARTIANA | 3 | 5 | 4 | 3 | 3 | 4 | 2 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 52 | 76.47 | |
13 | MAISAROH TRI WARDANINGRUM | 3 | 5 | 5 | 4 | 3 | 4 | 5 | 5 | 4 | 5 | 6 | 5 | 5 | 59 | 86.76 | |
14 | MARISSA AYANG WIDYANTI A | 3 | 5 | 5 | 4 | 5 | 5 | 5 | 3 | 5 | 5 | 9 | 5 | 5 | 64 | 94.12 | |
15 | MERTHA AYUNINGTYAS | 3 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 4 | 5 | 9 | 5 | 5 | 64 | 94.12 | |
16 | RENANDYA YOGA BIMANTARA | 3 | 5 | 4 | 4 | 5 | 5 | 4 | 5 | 5 | 3 | 6 | 5 | 5 | 59 | 86.76 | |
17 | RIFKI YOGA PAMUNGKAS | 2 | 5 | 3 | 3 | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 7 | 5 | 5 | 58 | 85.29 | |
18 | RISKA APRILIA SAPUTRI | 3 | 5 | 5 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 8 | 5 | 5 | 65 | 95.59 | |
19 | SYARAFINA ZATA AMANI HARTONO | 3 | 5 | 5 | 3 | 3 | 5 | 5 | 5 | 5 | 4 | 6 | 5 | 1 | 55 | 80.88 | |
20 | TERRY INDERAKESUMA | 3 | 5 | 4 | 3.5 | 3 | 5 | 5 | 4 | 5 | 4 | 6 | 5 | 5 | 57.5 | 84.56 | |
21 | WINDIYA NUR ALITA | 3 | 5 | 4 | 3 | 5 | 4 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | 5 | 5 | 64 | 94.12 | |
JUMLAH PESERTA TES | 21 | ORANG | |||||||||||||||
Mengetahui | Magelang, 14 Oktober 2014 | ||||||||||||||||
Kepala Sekolah, | Guru Mata Pelajaran, | ||||||||||||||||
Drs. M. Arief Fauzan B., M.Pd. Si. | Sartono Jaya | ||||||||||||||||
NIP 1962031 198503 1 008 | NIP 19660325 199203 1 004 |
deskripsi nya alay pak :v :v :v
BalasHapusalayyyyyy :3