Selasa, 22 Agustus 2017

UH KHUSUS UNTUK TANIA MELINDA XII IPS 1



Nama: Tania Melinda Hastuti
Kelas: XII IPS 1
 
Ongkos cetak dibayar tunai Rp500,00 (denda)

Danang Sutawijaya, Sang Pendiri Mataram
… .
Senapati memang ingin menjadikan Mataram sebagai kerajaan merdeka. Ia sibuk mengadakan persiapan, baik yang bersifat material maupun spiritual, misalnya membangun benteng, melatih tentara, sampai menghubungi penguasa Laut Kidul dan gunung merapi. Senapati juga berani membelokkan para Mantri Pamajegan dari Kedu dan Bagelen yang hendak menyetor pajak ke Pajang. Para mantri itu bahkan berhasil dibujuknya sehingga menyatakan sumpah setia kepada Senapati.

Sultan Hadiwijaya resah mendengar kemajuan anak angkatnya. Ia pun mengirim utusan menyelidiki perkembangan mataram. Yang diutus adalah arya pamalad tuban, pangeran benawa, dan patih mancanegara. Semuanya dijamu dengan pesta oleh senapati. Hanya saja sempat terjadi perselisihan antara raden rangga (putra sulung senapati) dengan arya pamalad.

Soal
1.    Lengkapi tabel berikut berdasarkan teks tersebut!
No.
Paragraf
Informasi dalam Teks (Gagasan Utama)
a.
P 1

b.
P 2


2.    Lengkapi tabel jenis kata berikut dengan mengacu pada teks di atas!
No.
Kata
Jenis Kata/Kelas Kata

Contoh: guru
nomina dasar
a.
bekerja
b.
makanan
c.
pendidikan
d.
verba bersufiks
e.
nomina yang diturunkan dari adjektiva

3.    Penggunaan huruf kapital dalam teks paragraf 2 (ada empat belas; Anda cari yang 13)
No.
Kata yang seharusnya ditulis kapital
Kata yang harus ditulis kapital
a.
Contoh: Patih Mancanegara
h.
b.

i.
c.

j.
d.

k.
e.

l.
f.

m.
g.

n.

4.      Tentukan kalimat-kalimat berikut menggunakan konjungsi setara atau tidak setara (bertingkat), dengan membubuhkan huruf S (setara) dan TS (tidak setara)!
a.        Sutawijaya diajak ayahnya ikut serta dalam rombongan pasukan supaya Hadiwijaya merasa tidak tega dan menyertakan pasukan Pajang sebagai bala bantuan. ( ..... )
b.       Ayah Sutawijaya adalah keturunan Brawijaya raja terakhir Majapahit, sedangkan ibunya adalah keturunan Sunan Giri. ( ..... )
c.       Setelah menjadi raja, Sutawijaya bergelar Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah. ( ..... )
d.       Sutawijaya bertempat tinggal di sebelah utara pasar sehingga ia pun terkenal dengan sebutan Raden Ngabehi Loring Pasar. ( .... )
e.       Siswa itu tetap minta ulangan meskipun ia masih kelelahan. ( .... )

5.      Buatlah paragraf singkat, minimal terdiri atas lima kalimat. Di dalamnya terdapat konjungsi setara dan bertingkat. Beri garis bawah pada kata-kata yang Anda maksud! -à di baliknya Mas Bro!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...