Rabu, 24 Oktober 2018

REPORTASE PILIHAN PEKAN INI


SELAMAT DATANG, SANG KETUA OSIS BARU

   Magelang (24/10/2018) SMAN 2 Magelang (Smada) Rabu, 24 Oktober 2018 menggelar  pemilihan umum OSIS (Pemilos).  Pemilos kali ini dilaksanakan untuk memilih Ketus OSIS SMAN 2 Magelang periode 2018/2019.

Pemilos Smada 2018 diikuti oleh tiga kandidat. Ketiganya berasal dari kelas XI, yakni Anandhito Herza Putra, Cendana Putri Aista Wardany, Aida Fitri Andriani. Rangkaian Pemilos tahun 2018 cukup panjang. Dimulai pemaparan visi misi kandidat di hadapan calon pemilih yang dipandu oleh moderator. “Acara ini sengaja kami kemas layaknya debat capres, biar lebih keren dan mendekati pemilu asli, “ demikian papar Hanif Iqbal Prasetyo, salah satu Pengurus MPK. 

Acara penyampaian visi, misi, dan debat kandidat yang digelar pada Kamis, 11 Oktober 2018 ini mendapat sambutan antusias dari sebagian besar warga sekolah. MPK sebagai panitia Pemilos merakit hajatan ini cukup apik. Ruang panggung di halaman tengah Smada sengaja didesain untuk menggelar acara ini. Di depannya, sebuah tenda juga dipersiapkan khusus untuk dewan guru dan para tamu undangan. Sementara para siswa, sebagai calon pemilih utama, dibebaskan untuk memilih tempat duduk di area taman depan ruang panggung.

Prosesi pemaparan visi, misi, dan debat yang dipandu moderator, Mutiara Annisa, berjalan lancar. Masing-masing kandidat memaparkan secara lugas. Pertanyaan-pertanyaan dari moderator yang berusaha mengulik kesaktian kandidat dapat dijawab dengan baik oleh ketiga kandidat. Sayangnya hal ini tidak dimanfaatkan secara baik oleh para siswa sebagai referensi ketika menentukan pilihan nanti. “Mereka lebih asyik dengan dunianya sendiri, “ tutur Bu Zahzahah, salah satu guru BK yang mengikuti acara itu.
Setelah masa tenang 13 hari, sampailah hari pencoblosan, yakni Rabu 24 Oktober 2018 pukul 14.30 – 15.30 WIB. Para guru dan siswa menyalurkan aspirasinya di Ruang Komputer melalui aplikasi komputer yang sudah dirancang oleh PMK. Hanya perlu waktu sekitar 2 menit, para pemilih sudah bisa menyalurkan aspirasinya, memilih jago yang diusungnya.

Pukul 16.00 WIB, bertempat di Ruang Aula Smada yang dihadiri oleh 2 siswa perwakilan setiap kelas dan para Pembina OSIS, MPK sebagai Komisi Pemilos menyampaikan hasil pemungutan suara. Dari hasil hitung cepat komputer hasilnya: Anandhito Herza Putra memeroleh 565 suara atau 70.10%; Cendana Putri Aista Wardany memeroleh 44 suara atau 5.46%;  dan Aida Fitri Andriani mendapat 54 suara atau 6.70%. Yang cukup memprihatinkan adalah ternyata suara golput di Pemilos Smada 2018 ini cukup tinggi, yakni 143 pemilih atau 17.74%. Jumlah ini melebihi jumlah suara gabungan kandidat nomor 2 dan 3. Hal ini tentu menjadi PR besar bagi semua guru dan Pengurus OSIS terpilih. Jangan sampai mereka yang jumlahnya cukup besar ini menjadi batu sandungan pengurus OSIS terpilih.
Segenap keluarga besar Smada perlu memberikan apresiasi kepada kinerja MPK sebagai penyelenggara Pemilos yang telah melaksanakan Pemilos 2018 dengan sukses. Pun demikian penghargaan dan apresiasi juga perlu diberikan kepada Pengurus OSIS 2017/2018 yang telah berjibaku menakhodai perahu OSIS Smada dengan segala banyak kelebihan dan sedikit kekurangannya.
Sekarang saatnya semua keluarga besar Smada, baik yang memilih maupun yang tidak memilih, untuk mengulurkan tangan, menyambut dengan mesra sang Ketua OSIS baru. Semua mesti berjalin tangan dalam satu gerbong visi dan tindakan yang sama sehingga mimpi Smada menjadi sekolah yang melesat, maju, jaya, berkah dunia akhirat dapat tercapai. 

Akhirnya, terima kasih dan selamat jalan Kang Iqbal Dzaky beserta jajarannya dan selamat datang Mas Anandhito Herza Putra dan pasukannya. Terus, terus maju berikan yang terbaik buat almamatermu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI-KISI US 2022

      Bijak Menyikapi Kisi-Kisi                                                             (oleh Sartono Jaya)           A lhamdulill...